Saturday, March 21, 2015

Bapak

Lagi mellow karena mau pergi ninggalin rumah dalam waktu lumayan lama. Saya dari lahir belum pernah ninggalin rumah lebih dari 2 bulan, itu juga gara-gara KKP pas semester 6 dulu. 

Tahun lalu, sebenernya saya sempet lulus seleksi beasiswa ke luar negeri, tapi saya ngga tahu kalau sistemnya adalah summer course 2 minggu, langsung lanjut fall semester 6 bulan tanpa pulang dulu, yang artinya saya harus skip beberapa mata kuliah wajib di semester selanjutnya dan menambah waktu studi setahun lagi. Setelah beberapa hari galau, curhat dan minta saran sana sini, satu kalimat yang bikin saya akhirnya mundur dari program ini keluar dari mulut Bapak. "Selesaikan satu-satu dulu aja," gitu dulu Bapak bilang. 

Dan sekarang, ternyata saya dapat kesempatan lain untuk kuliah di negeri yang sama dengan yang saya tolak, selama 1 semester juga. Saya agak khawatir, jangan-jangan Bapak bakal minta saya lulus dulu baru boleh ambil kuliah di luar. Tapi alhamdulillah kali ini Bapak mendukung. Dengan satu ultimatum. "Ngga boleh bawa pulang cowok sana!" hahaha si Bapak ni :')

Beberapa minggu sebelum keberangkatan, Bapak minta temenin beli hape baru. Padahal selama ini Bapak ngga mau move on dari hape lamanya yang jadul itu. Buat Bapak, hape ya cukup untuk telepon dan SMS, ya bolehlah tambahan fitur kamera sama radio. Sesederhana itu. Makanya waktu tiba-tiba Bapak mau beli hape baru, saya surprise. Ternyata Bapak ingin beli hape yang bisa internet dan video call. "Biar bisa nelpon kamu disana nanti. Biar gampang kirim kabar. Ajarin Bapak pakenya dulu ya.." Huhuhu saya langsung mellow ga terkira. 

Ninggalin rumah 6 bulan, berarti bakal ninggalin Bapak juga sementara. Selama ini saya ngga berani pergi jauh-jauh dalam waktu lama karena takut Bapak kenapa-kenapa. Dulu saya sempat mau disuruh kuliah S1 di Yogya, tapi Bapak kayaknya berat ngelepasnya. Akhirnya saya kuliah di Bogor, masih di satu kota dengan rumah. Kenapa saya ngga berani ninggalin Bapak? Alasannya ada lah. Mungkin beberapa teman terdekat saya aja yang tau. 

Dan ke-mellow-an ini berlanjut dengan nostalgia masa kecil saya. Jaman SD dulu, Bapak selalu ngajak saya ke toko buku setiap habis gajian. Berdua aja. Baca buku sepuasnya, lalu boleh beli beberapa buku. Sampe Bapak pensiun dari militer dan pindah kerja di perusahaan swasta pun, kami masih jadi pengunjung tetap toko buku sebulan sekali. Saat saya SMP dan mulai bisa nabung untuk beli buku sendiri, saya mulai jarang pergi sama Bapak. Kesehatan Bapak juga mulai ngga mendukung. Jalan sedikit capek, padahal saya suka banget jalan muter-muter ngga inget waktu. SMA dan kuliah, waktu saya jauh lebih banyak habis di luar rumah. Ketemu Bapak di rumah pun ngga pernah ada omongan serius, cuma obrolan santai sehari-hari. Semester terakhir saya kuliah, saya bahkan ngga pernah minta uang Bapak untuk kebutuhan sehari-hari, karena saya udah mulai kerja freelance. Masa saya kerja kantoran sampe kuliah S2 sekarang, Bapak masih sering nanya "Kok kamu ngga pernah minta uang ke Bapak lagi?" saya cuma jawab sambil ketawa, sekarang kan udah punya pendapatan sendiri, malu lah kalo minta terus, gantian. Bapak cuma manggut-manggut. Mamah malah cerita kalo Bapak heran karena saya tiap bulan bisa ngasih uang belanja ke Mamah. Mungkin di pikiran Bapak, saya selalu akan jadi anak bungsunya yang masih kecil. 

Seminggu sebelum saya berangkat ini, saya cuma bisa berdoa. Semoga Bapak Mamah tetap sehat sampe kami ketemu lagi, pas saya pulang ke rumah 6 bulan lagi. Aamiin. 

Oh baiklah, mari sudahi mellow ini.

3 comments:

  1. hiksss emang sedih pertamanya ca, tapi setelah dapat sinyal dan bisa berkomunikasi utk pertama kali, disitu keluarga senang banget dan bangga denganmu. Sure it!! selanjutnya masalah komunikasi akan lancar kok... dan keluarga gak khawatir lagi.. Kek dulu babahku bel belain buat fesbuk, tapi gaptek, akhirnya gagal. Jadinya awal aku beli pulsa sanah, trus selanjutnya aku pake SLI Telkomsel, tapi sih kalo ke adik adikku mah lancar pake skype n facebook video call

    ReplyDelete