Monday, August 15, 2011

Abang Angkot Baik Hati??

Hampir 4 hari terakhir ini saya selalu buka puasa di jalan. Dan kejadian di angkot pulang hari ini cukup menggelitik untuk memacu saya berpikir. 

Jadi gini, saya pulang naik angkot 14 jurusan Bubulak-Sukasari lewat Pasir Kuda. Sebenarnya ini salah satu jalur alternatif, karena jalur utamanya adalah lewat Stasiun Bogor. Tapi karena perjalanan melalui jalur utama ini seringkali memakan waktu lama (karena ngetem dan macet yang bikin emosi di sekitar stasiun itu), jadi saya sekarang selalu naik 14 demi menghemat waktu dan mencegah cepet tua karena marah-marah di jalan. Supir angkot yang saya tumpangi itu abang-abang yang usianya kayaknya lebih muda dari saya, dengan ciri-ciri rambut cepak dan memakai anting di kuping kirinya. Uwoh, dari penampilannya sih gahar. Tipe-tipe supir yang nyetirnya suka ngebut, ngetril, ngesot dan ngepot dengan mulut ga berhenti sumpah serapah, atau untuk kasus angkot Bogor, ngomong dengan bahasa sunda paling kasar yang bisa bikin orang Bandung melotot dengernya. Singkat cerita, si abang supir ini (sesuai perkiraan saya semula) bawa mobilnya ngebut. Buuuttt. Berhubung lagi puasa saya berusaha berprasangka baik aja. Kali aja si abang pengen cepet-cepet nyampe pangkalan trus buka disana. Oiya, saat itu udah deket waktu berbuka. Atau mungkin si abang kebelet. Dan beberapa prasangka baik yang saya bikin-bikin lainnya

Beberapa ratus meter dari ujung trayek (saya turun di Sukasari), ternyata udah adzan magrib. Alhamdulillah, saya langsung ngeluarin bekel minum yang udah disiapin dari kampus dan langsung berbuka. Si abang menghentikan angkotnya di depan warung, lalu beli minum dan berbuka di mobil. Lalu tiba-tiba si abang nengok ke saya (penumpangnya cuma tinggal 2, saya sama mas-mas gitu) dan bilang "Teh, mau beli minum ga? Sekalian dibatalin puasanya mumpung ada warung." Karena saya udah minum jadi saya bilang aja nggak. Tapi dalam hati saya berpikir, alhamdulillah ni si abang ternyata baik, ga kayak penampilannya. Dan angkot pun kembali melaju ke Sukasari. Eh tiba-tiba si abangnya ngeluarin rokok dan mulai menyulut apinya. Yaah si abang, kiraiiiinn -______- Ternyata sama aja sama supir-supir angkot lainnya, tetep ngerokok (maklum saya anti banget rokok). Buyar sudah pikiran tentang abang supir angkot baik hati..

Tapi ceritanya belum abis. Pas saya turun, si abang ngembaliin uang dengan sangat sopan sambil bilang, "Makasih, ati-ati ya Teh," Eh nah loh bingung lagi deh. Jadi sebenernya si abang ini baik ngga sih? Apa dia baik karena liat muka saya judes bener ya? Entahlah. Satu lagi misteri tak terpecahkan *lebay.

Emm. Jadi hikmahnya apa? Aaah saya yakin pembaca adalah orang-orang cerdas yang bisa mengambil kesimpulan sendiri, jadi tolong jangan biarkan saya mencekoki pikiran Anda! Hehe *ngeles :p

Cheers! Thanks for reading :D

1 comment:

  1. nah cha itu dia, jangan menghakimi buku dari sampulnya kata orang Barat,hehe..
    Namanya juga mas-mas, maklum aja ca banyakan supir angkot refreshingnya ngerokok.

    Ihiy,, jangan2 dia fans lw cha, ati2 haha..

    ReplyDelete