Sunday, September 16, 2012

Sehari Aja...

Gara-gara dengerin lagunya mbak katy perry yang part of me. Ada satu baris liriknya yang berbunyi, 'i just wanna throw my phone away'. Untuk ukuran lirik lagu ngga bisa dibilang baru sih, tapi saya jadi kepikiran. Kalau saya nonaktifin hape seminggu aja, atau sehari aja, pengaruhnya apa ya?

Belum sempet dipraktekin, saya udah pesimis duluan. Kalo hape dimatiin pasti nanti bos saya marah-marah nyariin. Mungkin nanti klien ngamuk-ngamuk nanyain. Bisa jadi nanti mamah saya kesel karena ga ada yang bisa disuruh beliin lauk malem-malem pas saya pulang kerja. Itu baru dari orang-orang di sekitar saya. Untuk saya sendiri? Pasti nanti saya kebosenan sendiri karena ga bisa ngegames kalo lagi bengong. Mungkin sepanjang jalan pulang saya harus dengerin ocehan ibu-ibu di kereta karena ngga nyetel lagu dari hape. Bisa jadi nanti saya ngerasa ngga gaul karena ngga buka social media.

Ternyata saya udah ketergantungan berlebihan sama hape. Mungkin hal yang sama udah terjadi sama orang-orang yang jadi teman seperjalanan saya di kereta setiap hari. Yang walaupun kereta penuh sesak dengan manusia, tetap memilih untuk megangin hape sambil melototin layarnya daripada pegangan biar ngga jatuh. Mungkin hal yang sama udah terjadi sama orang-orang yang makan dengan hape di sebelah tangan sambil melototin layarnya daripada memperhatikan isi piringnya. Mungkin hal yang sama juga yang terjadi pada orang-orang yang tetap bertahan dengan hapenya daripada memperhatikan orang-orang di sekitarnya, bahkan yang ada di depan mata mereka. Ini saya baru menemukan istilahnya : NOMOPHOBIA. Ada artikelnya juga yang bisa dibaca disini.

Mungkin ada baiknya kalau ada satu hari, cukup satu hari dalam setahun, satu hari tanpa hape. Walaupun saya tahu kalau ada negara yang menerapkan hal ini pasti bakal dihina diprotes didemo habis-habisan sama rakyatnya.

Serius, saya cuma penasaran. Dulu, sampai sekitar awal tahun 2000an kita bisa hidup tanpa hape. Harusnya sekarang juga bisa kan? Toh di alam kubur nanti juga ga bakal ada hape.

2 comments:

  1. bener bgt chaaaa!! can't imagine how was one day without hp.... huhu...

    Karena jaman dulu blm banyak aplikasi sosial media dan hp gunanya "pure" cuma buat sms ato telepon aja kali yaa.. so we dont addict to much on it.

    Tp skrg.... wah susah juga buat lepas dr tgn *lebai mode* :p

    ReplyDelete
  2. bisa kok tanpa hape. beli galaxy note kayak sendy.hee
    Nice post cha. Berangkat dari hal sederhana di sekitar kita. Kompor gas!

    ReplyDelete