Thursday, January 22, 2015

Japan Summer Trip #5 :Yoyogi Park - Camii Mosque

Setelah 2 hari full ekskursi lapang, kami mendapat 2 hari libur di weekend. Kedua teman sekamar saya mae ke Tokyo Disneysea (bukan Disneyland ya) dan saya ngga ikut karena tiketnya mahal, sekitar 6000 yen. Jadi pagi-pagi saya manjain diri dengan masak, haha. Sarapan saya hari itu cuma nasi (beli di kombini, tinggal diangetin di microwave) sama omelet sayuran. Saya sengaja bawa tepung bakwan instan dari Indo, jadi tinggal nambahin sayuran siap pakai yang beli di supermarket. Terus karena ngga berani beli minyak goreng, saya dadar aja tu adonan bakwan pake margarin (bekel dari Indo juga). Ditambah kecap ekstra pedas (ini juga bawa dari Indo) dan susu coklat, udah cukup untuk memulai hari. Enaknya masak di Jepang adalah semua bahan mentah yang dibeli di supermarket kondisinya fresh dan bersih, siap pakai. Bahkan sayuran, daging atau ikan yang dijual pun udah bersih dan diiris atau dipotong rapi, siap masuk wajan. Praktis dan hemat waktu banget, hehe (ketauan paling males bersihin bahan makanan).

sarapan 'mewah', hahaha
Sambil sarapan, saya chat sama Edu (dulu ade kelas di S1, tapi sekarang di S2 sekelas) yang juga lagi ikut course 3 bulan di Chiba. Edu ngajakin ke masjid yang ada di Yoyogi, masih daerah Tokyo. Tawaran ini langsung saya samber, daripada lumutan di dormi sendirian. Lagian kapan lagi liat masjid di Jepang yang muslimnya tergolong minoritas.

Sambil siap-siap berangkat, saya cek rute kereta ke Yoyogi di hape. Ada beberapa aplikasi yang bermanfaat banget untuk itu, bisa dicari aja. Saya sama Edu kebetulan ditempatin di komplek dormi yang sama, cuma beda gedung aja. Ada lagi Ai yang ikut program yang sama kayak Edu, tapi beda jurusan. Tapi kali ini Ai ngga ikut karena harus ngelab. Saya sama Edu naek kereta sambil ngeraba-raba rute kereta, karena walaupun udah dicatet, rute ke Yoyogi ternyata lumayan panjang dan ribet karena harus ganti line beberapa kali. Sekalian ke Yoyogi, kami menyempatkan maen sebentar ke Yoyogi Park yang hanya berbeda beberapa stasiun.

Pas kami sampai sana, cuacanya mulai gerimis dan dingin. Beda banget sama beberapa hari pertama saya di Jepang yang hawanya kayak oven. Yoyogi Park lumayan luas, hampir mirip-mirip Kebun Raya Bogor gitu gayanya. Penuh pohon besar, adem, ada beberapa kolam besar, dan kita bisa lihat beberapa binatang di situ, seperti gagak, tupai dan temen-temennya. Masuknya gratis karena tergolong public park. Bahkan di beberapa sudut saya menemukan tuna wisma yang membuat tempat tinggal sederhana. Wah ternyata di Jepang ada juga, saya agak takjub.

gagak di Jepang ukurannya jumbo tapi tergolong ngga galak
Pas keliling, kami melihat serombongan remaja, cewek dan cowok, dengan baju bernuansa pink-hitam, yang kayaknya lagi latihan nari buat matsuri atau entah acara apa. Dalam hati saya agak surprised, cowok-cowok di sini kelihatan ngga keberatan pakai baju pink, haha.

semua orang bawa payung karena cuacanya hujan

gerbang Yoyogi park ke arah Shinjuku. gaul

Mendekati waktu dzuhur, kami balik ke stasiun untuk naik kereta lagi ke Yoyogi-uehara, stasiun terdekat dengan Camii Mosque. Turun dari kereta, kami bingung karena ngga tau jalan. Untungnya orang Jepang (lagi-lagi) ngga keberatan menunjukkan arah. Ketika jalan kaki ke arah masjid, kami berpapasan sama mas-mas bermuka Indo yang senyum-senyum ngeliat kami dari jauh. Pasti dia yakin kami lagi nyari masjid, haha. Masjidnya ngga terlalu jauh dari stasiun, dan walaupun ngga ada tulisan gede-gede tapi kami cukup yakin kalo itu adalah masjid yang kami cari karena gaya arsitekturnya yang khas Turki. Masjid ini letaknya di tengah area permukiman gitu, dan jangan bayangin kayak masjid di Indonesia yang halamannya luas. Bangunan Camii Mosque ini terdiri dari 3 lantai, lantai bawah semacam perpustakaan, pusat kebudayaan Turki dan toko souvenir, sementara masjidnya di lantai atasnya. Nah si masjidnya sendiri dipisah lagi menjadi 2 lantai, ikhwan di bawah dan akhwat di atas. Walaupun ukurannya ngga terlalu besar tapi ternyata masjid ini adalah masjid terbesar di Jepang, yang didirikan dengan bantuan dari pemerintah Turki. Makanya di bagian luar masjid ada bendera Turki dan bendera Jepang yang berdiri bersebelahan.

Kami tiba lewat dzuhur, jadi ngga bisa ikut jamaahan. Tapi pas solat sendiri (di lantai atas lagi kosong), saya jadi mellow abis. Bisa solat, di masjid yang cantik, di negara yang muslimnya minoritas, rasanya terharu. Padahal kalo di Indo solat ya solat aja, karena mudahnya nemu tempat solat di mana-mana. Alhamdulillah.

Sambil nunggu ashar, Edu ngobrol sama mas-mas Indo yang baru selesai solat juga. Terus kita dikasih tau ada tempat makan halal di deket masjid, resto India atau Pakistan gitu. Dengan semangat kita langsung bilang makasih, pamit sama masnya dan keluar masjid nyari resto yang dimaksud. Menurut petunjuk si mas, restonya ga jauh dari lampu merah perempatan, beberapa puluh meter dari masjid. Tapi kami udah jalan lebih dari 300 meter dan ngga nemu. Akhirnya kami balik lagi ke arah masjid sambil melototin mata kesana kemari. Ah! Ternyata restonya belok kiri dari lampu merah, haha.

Resto ini kecil nyempil kaya upil, ngga beda lah sama kedai mie umumnya di Jepang. Pintunya juga pintu geser, haha. Liat tulisan 'HALAL' yang terpampang di depan resto, naga di perut saya mulai gelisah. Beberapa hari ngga makan daging atau ayam, rasanya berat badan saya turun beberapa kilo. Saya lalu pesen nasi kari ayam (900 yen) dan Edu pesen tandoori chicken (750 yen). Wew, makanan halal ternyata mihil. Tapi pas mulai makan, ngga nyesel deh. Porsinya gede dan rasanya enaaak banget. Enaaak karena susah dicari, dan rasa kari yang ngga jauh beda sama kari Indo. Alhamdulillah banget ya Allah.

Setelah kenyang dan bayar, kami balik ke masjid lagi. Kali ini keburu untuk ikut jamaahan ashar. Uniknya, sementara kami solat, banyak orang Jepang yang memperhatikan di belakang. Setelah solat selesai, mereka ngga segan untuk bertanya ke imam dan petugas masjid yang lain. Kata mas yang ikut jamaahan, mereka rata-rata warga Jepang yang tertarik dengan Islam, baik berniat hijrah atau hanya pengen tau aja. Mudah-mudahan Allah memberi hidayah, aamiin.