Friday, January 17, 2014

Deadliner

Yeaa ternyata ini blogpost pertama saya di tahu 2014. Resolusi : semoga bisa lebih rajin ngeblog, haha.

Minggu ujian adalah minggu paling hectic dalam kehidupan saya sebagai mahasiswa, hiks. Dosen-dosen jurusan saya sejak program sarjana dulu kayaknya seneng banget ngasih tugas di minggu akhir perkuliahan menjelang ujian, jadi kami yang seharusnya fokus belajar untuk ujian malah kelimpungan ngerjain laporan segala macem. Istilahnya, tugas tiket masuk ujian.

Nah yang jadi masalah adalah sifat saya yang belum berubah dari dulu. Deadliner. Ngerjain tugas pas waktunya udah mepet. Ngga tau kenapa, si sifat jelek ini malah makin menjadi-jadi ketika saya kuliah pasca sekarang. Sebenernya udah ada usaha untuk nyicil tugas dari jauh-jauh hari, dicicil sedikit demi sedikit. Tapi ternyata penyelesaiannya tetap harus menjelang deadline. Kalo tugasnya sedikit sih ngga masalah ya, tapi pas numpuk banyak seperti beberapa minggu terakhir ini, susah juga.

Contoh yang paling baru, beberapa hari yang lalu. Saya ada jadwal ujian jam 9, satu laporan dikumpul sebelum ujian, satu laporan dikumpul pada hari yang sama, dan siang jam1 berangkat fieldtrip ke luar kota. Masih ada juga satu powerpoint yang harus disiapin untuk dipresentasikan pas fieldtrip. Sementara tiga hari sebelumnya saya udah kekurangan tidur karena ngerjain ujian take home dari mata kuliah yang dikenal dahsyat (lima soal essay, tiga hari, dengan tiga buku referensi wajib). Jadi dalam dua hari berikutnya saya kelimpungan di depan laptop. Yang harusnya istirahat setelah belajar buat ujian, malah begadang sebelum ujian karena tugas yang belum beres. Boro-boro belajar. Dampaknya, tugas yang dikerjain jadi ngga maksimal sama sekali karena waktu yang mepet, maupun nilai ujian yang *kemungkinan besar* di bawah target karena belajar yang ngga maksimal sebelumnya.

Oke, saya sadar kalo ini emang kesalahan saya yang masih cupu banget dalam manajemen waktu. Dan semoga dengan tulisan ini, saya bisa selalu sadar kalo ngedeadline itu ngga baik untuk kesehatan maupun ke nilai. Semangat cha!

No comments:

Post a Comment