Sunday, September 7, 2014

Japan Summer Trip #1 : Departure, Transit and Arrival

Akhirnyaa tibalah hari keberangkatan saya ke negeri impian. Sengaja saya ngga mau bilang ke banyak temen, just in case penerbangannya dibatalin atau tiba-tiba saya ngga nyampe Jepang gara-gara nyasar somewhere di bandara Changi Singapura atau Taoyuan Taipei, tempat saya transit. Yaa mungkin aja kan *parno. Jadi saya cuma pamit sama temen-temen deket atau yang udah tau saya mau berangkat aja. Dua hari sebelum flight, saya sibuk masukin-ngeluarin barang ke koper sama tas yang udah disiapin. Saya sengaja ambil excess baggage 5 kilo, jadi total berat bagasi maksimal 20 kilo. Pas semua barang udah masuk koper, saya coba-coba angkat. Maak berat banget, khawatir melebihi limit. Di rumah ngga ada timbangan. Jadi atas usul kakak ipar saya, saya pindahin sebagian baju ke tas tenteng buat dibawa ke kabin, selain tas laptop. Biarin deh berat daripada kelaperan di Jepang, hehe.

Besok paginya, hari Minggu 17 Agustus 2014. Orang-orang pada siap mau upacara bendera, saya udah mandi dari subuh dan nunggu kakak ipar saya yang mau nganter ke Soetta. Flight saya jam 11.45 dan waktu tempuh rumah-bandara katanya sekitar 2 jam, hari normal. Jadi setengah tujuh pagi kita udah berangkat. Nah karena semua orang pada upacara dan nyiapin acara 17an, jalanan menuju bandara sepi pisan. Jam 8 kita udah sampe dan bengong di bandara karena gate baru dibuka 2 jam sebelum flight, yaitu sekitar 9.45. Jadilah kita nunggu kelamaan, haha. Pas gate dibuka, saya yang udah ngantri cuma bisa salim Mamah Bapak sambil cipika cipiki minta doa dan dadah-dadah ke ponakan-ponakan yang ikut nganter. This is it, my first solo trip abroad. Pertama kali keluar negeri, jauh, sendirian, dan pake transit-transit segala. Panik. Sempet kepikiran untuk balik lagi ke rumah dan kirim email ke dosen dan admin di universitas Jepangnya untuk mundur, konyol bener kau Cha! Tapi setelah bismillah (ditambah beberapa kali nanya arah ke petugas bandara), saya akhirnya nyampe di dalem pesawat. Perjalanan ke Changi saya lewatkan dengan kebanyakan tidur, haha. Setelah 2 jam penerbangan, Alhamdulillah saya mendarat dengan selamat sekitar pukul 3 waktu Singapura (Singapura 1 jam lebih cepet dari Indo). Satu tahap terlewati. Yang agak sebel adalah pas mendarat, hape saya langsung bunyi. Sms dari operator. Ngek.

Selanjutnya saya harus mendaftar ke loket transit untuk mendapat boarding pass penerbangan selanjutnya ke Taipei dan mengkonfirmasi nomor bagasi. Karena saya ambil connecting flight, saya ngga perlu keluar dari area imigrasi dan bagasi saya bakal langsung ditransfer ke penerbangan selanjutnya tanpa perlu diambil. Kebayang deh beratnya kalo tu koper gendut musti dibawa-bawa selama transit, walopun pake troli. Setelah itu saya masih harus nunggu lama karena sekitar jam 1 dini hari pesawat saya baru akan berangkat lagi, sementara waktu itu masih jam 3 sore. Jadilah saya beberapa kali ngelilingin area transit di Changi. Untungnya Changi ini udah dilengkapi berbagai fasilitas kece semacem kursi panjang kalo penumpang mau tidur pas transit, kursi pijat, komputer untuk internetan gratis, area belanja (duty free shops), sampe taman-taman indoor yang super cantik. Toilet, tempat makan, mushola, keran air minum semua tersedia, jadi transit saya yang lama banget itu jadi ngga terlalu ngebetein. Saya perhatiin sekitar, banyak juga yang tidur begitu aja di sofa-sofa di sekitar loket transit.

Salah satu sudut cantik di Changi. Tanamannya semua asli!

Jam setengah 12 malem, gate untuk penerbangan ke Narita mulai dibuka. Yang saya suka dari proses boarding di Changi adalah cepat dan efisien, jadi walaupun penumpangnya buanyak, proses ini selesai tepat waktu, padahal waktu boardingnya hanya sekitar 1 jam. Saya kembali dapet window seat di sisi kiri pesawat. Dan tidur lagi sepanjang penerbangan selama sekitar 5 jam. Di Taipei pesawat hanya transit 1 jam jadi saya hanya keluar dari pesawat untuk mengambil kartu transit, lalu 10 menit kemudian antri lagi untuk masuk ke pesawat. Ribet ya, saya sempet mikir untuk duduk aja di kabin, ngga usah keluar, tapi sayangnya ngga boleh. Dari pengamatan sekilas saya, bandara Taipei ngga semewah dan seramai Changi, dengan desain yang lebih efisien, formal tapi ngga kalah rapi dan bersih.

Tahap terakhir dari perjalanan panjang ini adalah penerbangan Taipei-Narita. Kali ini saya hanya tidur sebentar-sebentar dan lebih banyak nengok ke jendela untuk melihat pemandangan sampai leher pegel. Pas udah mau sampe Narita, saya bisa lihat gunung yang nongol sendiri di antara awan, mungkin itu Fuji. Pesawat makin rendah sampe saya bisa melihat petak-petak sawah dan bangunan di bawah. Bagian Jepang yang ini kelihatan rapii sekali, bangunannya sedikit dan lebih banyak pepohonan berkelompok mirip jejeran brokoli. Pesawat akhirnya mendarat pukul 11 di Narita. Alhamdulillah, Jepang! Tapi saya masih harus melengkapi proses imigrasi dan sebagainya. Saya ikutin penumpang lain jalan menuju loket imigrasi. Petugas di bandara Narita ngga terlalu banyak, kebanyakan bapak-bapak yang udah agak tua tapi luar biasa ramah. Setelah imigrasi selesai, klaim bagasi lalu ke bea cukai. Nah disini yang degdegan. Saya bawa lumayan banyak barang dari Indonesia dan takut ngga lolos. Di loket bea cukai, saya ditanya, dalam rangka apa ke Jepang? Tinggal berapa lama? Saya tunjukin undangan dari universitas dan bilang, 'Summer workshop in Chiba University, about two weeks' petugasnya cuma bilang 'Oooh workshop? Chiba? Good!' saya jadi agak lega. Lalu dia nanya lagi, apa ada barang-barang yang termasuk pembatasan bea cukai? Saya bilang 'No'. Terus udah, saya dibiarin lewat. Lah begitu doang, haha. Ketakutan berlebihan.

Di lobby, saya nyari orang yang bakal jemput saya dari Chiba Uni. Namanya Osumi Tomohiro, dan kita cuma pernah kontak via email sebelumnya. Dia bilang bakal bawa kertas dengan tulisan nama saya, tapi saya liatin orang di lobby satu-satu, ngga ada yang bawa kertas dengan nama saya. Sekitar lima menit kemudian, ada yang nyamperin saya. 'Rina san?' Rupanya si Osumi san baru nyampe. Lalu kami ke lantai bawah bandara untuk nunggu kereta ke Inage, daerah tempat dormi saya nanti. Kereta dengan jalur langsung ke bandara ini ngebantu banget buat penumpang yang ngga pake kendaraan pribadi, makanya di Jepang saya sering liat orang geret-geret koper di kereta. Sambil nunggu kereta, saya kasih suvenir yang udah saya siapin dari Indonesia buat Osumi san, sebagai tanda terima kasih karena mau bantu jemputin. Isinya cuma gantungan kunci serbaguna berlogo IPB, gantungan kunci kenari khas Bogor sama pulpen bambu yang ada tulisan Bogor-nya, tapi si Osumi san keliatan seneng banget. Kesininya saya paham kalo orang Jepang seneng banget dapet omiyage (oleh-oleh) sekecil apapun.

Songong banget minta potoin Osumi san sambil nunggu kereta, hehe

Osumi san ngga lancar bahasa Inggris, jadi saya cuma bisa ngomong pelan-pelan dengan bantuan isyarat tangan dan milih kata-kata yang paling sederhana. Kebanyakan orang Jepang ternyata hanya paham bahasa Inggris tertulis, dan agak kesulitan menangkap spoken English. Tapi Osumi san udah siap-siap dengan bawa penerjemah elektronik, jadi setiap kali dia atau saya bingung, kami mengetik kata di kamusnya. Saya diantar naik kereta ke stasiun Inage, lalu diajak makan siang. Saya bilang kalo saya ngga makan ayam atau daging apapun, terus dia kayaknya bingung 'ni anak makan apa dong?'. Akhirnya kita makan roti (padahal saya juga ngga tau bahan rotinya apa aja. Ya Allah mohon diampuni). Setelah makan, saya diantar sampe international house tempat saya bakal menginap untuk 2 minggu ke depan. Dari stasiun, kami harus jalan sekitar 500 meter untuk sampai di dormi. Tapi jalannya enak, ngga banyak mobil, dan sepanjang perjalanan yang panas itu saya bisa dengerin suara tonggeret kayak di kartun-kartun gitu. Berasa banget lagi summer di Jepangnya.

Di dormi, kami menuju office dulu untuk ambil kunci kamar. Lalu menuju kamar saya di gedung A lantai 4. Duh itu beneran Osumi san baik banget, dia bawain koper saya yang segede dan seberat karung beras ke lantai 4. Jadi ngga enak, hehe. Sampai di kamar ternyata temen sekamar saya yang dari Korea udah nyampe. Uwooh seneng sekalii setelah sebulan kontak via email, akhirnya ketemu juga. Osumi san pun pamit (makasih banyak loh Bang).

Kami dapet kamar tipe flat untuk 4 orang, tapi di kamar itu kami cuma bertiga. Saya, Kim Minkyung dari Korea (Mink) sama Karina dari Filipina (panggilannya K). Tapi K baru datang hari Selasa, jadi untuk hari pertama saya sama Mink berdua aja. Kamarnya enak banget, ada kamar mandi dengan bath tub (kami harus mandi pake shower di bath tub) dan air panas, mesin cuci sama pengering, ruang duduk dilengkapi tivi, meja makan, meja belajar, AC, dapur dengan kulkas gede dan microwave. Kamarnya 2, yang satu dengan tempat tidur tingkat, satunya lagi double bed. Yang kurang cuma alat masak (yang nantinya dikasih pinjem dari office). Bahkan setiap kamar dilengkapi wifi dengan saluran berbeda buat hape dan leptop, jadi selama di kamar saya damang banget update dan donlot segala macem, haha (sayang waktunya yang ngga ada).
Kamar double bed yang saya tempatin. Jendela gedenya asik banget buat ngintip orang di bawah *eh

Ruang duduk dan meja makan. Ada pintu ke balkon untuk jemuran

Sudut dapur. Kulkasnya gede pisan

Saya suka nongkrong disini pagi-pagi, liatin langit *sok romantis

Malamnya, saya sama Mink ngobrol ngalor ngidul sambil menyusun rencana buat besok. Programnya baru dimulai lusa, jadi kami punya seharian penuh untuk jalan-jalan. Akhirnya diputuskan kami bakal ke Ueno Park di Tokyo, karena sekitar situ banyak objek menarik macem museum dan galeri.

*bersambung cuy..


No comments:

Post a Comment