Tuesday, September 23, 2014

Japan Summer Trip #3 : Orientation Day

Rabu, 20 Agustus 2014 adalah hari pertama program summer workshop saya dimulai. Acara yang saya ikuti ini namanya Cross Cultural Design Collaboration 2014, disingkat CCDC. Di CCDC ini, peserta yang ikut berasal dari beberapa universitas dari berbagai negara. Tahun ini terdapat 15 peserta dari Chiba University (Chibadai) sebagai host dan 26 peserta dari 11 universitas lainnya. Saya satu-satunya peserta dari Indonesia. Lumayan berat karena selain jadi perwakilan IPB, saya juga jadi perwakilan negara. Pokoknya dilarang malu-maluin.

Sekitar jam 9.30 kami berkumpul di lobby office dormi karena di sana sudah ada salah satu mahasiswa Chibadai yang akan memandu kami ke kampus Matsudo. Tadinya saya udah seneng karena mengira kami bakal ke kampus naik bis carteran, eh ternyata kami harus ngeteng naek kereta.. Ahahah. Dipaksa mandiri. Perjalanan dari dormi ke kampus Matsudo menghabiskan sekitar 1,5 jam dengan dua kali transfer kereta. Setelah turun di stasiun Matsudo pun masih harus jalan kaki lumayan jauh dengan medan yang nanjak untuk bisa sampe kampus. Alamaak orang Jepang doyan banget jalan kaki, sama sekali ngga ada angkot atau ojek T_T. Cuma dua minggu di sana, jempol kaki rasanya mau copot karena tiap hari harus jalan jauh dengan kecepatan super tinggi.

threefie dulu penghuni kamar A402 :D
Sekitar jam 11, rombongan kami yang kepanasan, kehausan dan kecapean akhirnya sampe di Tojyogaoka Hall, aula tempat acara awal akan dilaksanakan. Karena acara baru mulai jam 1, kami diperbolehkan istirahat dan makan di kantin yang ngga jauh dari aula. Jreng jreeeng makan di kantin? Saya langsung nyesel ngga bawa bekal makan siang (karena waktu itu belum ngambil alat masak di office dormi). Ya udah saya liat-liat dulu menu makanan di kantinnya. Itu berbagai katsu dan daging-dagingan sungguh menggoda iman, tapi saya berusaha menahan diri dan nanya sama petugas kantinnya yang hampir semua ibu-ibu. "Sumimasen, no butaniku?" (Permisi, yang ngga ada babinya? kira-kira terjemahannya gitu). Eh si ibu nawarin, "Chikin (ayam)?". Saya baru nyadar, ayam, sapi atau kambing pun ngga bisa saya makan karena nyembelihnya ngga pake basmalah. Jadinya saya ralat, "Vegetarian," eh si ibu bingung. Akhirnya si ibu manggil satu orang bapak-bapak yang lagi makan di sana. Ternyata si bapak bisa bahasa Inggris, dia nanya apa saya mahasiswa program pertukaran, dari mana, berapa lama di Jepang. Lalu saya ditunjukin makanan yang (kayaknya) aman. Tofu, salad, ikan-ikanan. Setelah bilang makasih berkali-kali, saya ngambil tofu yang ada kuah beningnya sama semacam tumis sayuran yang isinya wortel, jamur sama rumput laut. Setelah bayar saya pun makan sambil baca basmalah di tiap suapan. Ternyata enak! Alhamdulillah, hari pertama bisa makan di kantin, hehe (walopun sebenernya ngga tau itu halal ngga. Maap ya Allah). Kenyang makan siang, kami pun kembali ke aula buat ngadem sambil nunggu acara mulai.

ini dalemnya si Tojyogaoka Hall
bendera negara-negara peserta (coba cari bendera Indonesia!)
Acara dimulai dengan perkenalan masing-masing peserta dan staf pengajar di program. Setiap peserta kebagian waktu 1-2 menit untuk memperkenalkan diri dengan bantuan slide. Tapi sayangnya yang dipake adalah slide pdf, sehingga kebanyakan informasi tentang Indonesia yang saya susun di flash powerpoint jadi ngga bisa ditampilkan. Setelah perkenalan dilanjutkan sambutan dari Kinoshita sensei yang jadi ketua program, sama sambutan dari beberapa staf pemerintah kota Matsudo. Lalu acara intinya, kuliah umum oleh Professor Winterbottom dari University of Washington. Materinya seputar bagaimana melibatkan masyarakat dan komunitas lokal dalam proses planning and design suatu taman atau lanskap. Professornya gaul, sebelah kupingnya ditindik. Haha (di Indonesia jarang yang beginian). Setelah materi ada diskusi dan abis itu istirahat lagi sebelum welcome party jam 6 sore.

Di welcome party sebenernya saya agak dag dig dug karena pasti acaranya ada makan dan minum-minum. Tapi ternyata ada beberapa menu yang aman buat saya konsumsi kayak sashimi, macem-macem sushi, salad dan kue-kue tradisional Jepang. Alhamdulillah. Minumnya pun disediain jus sama teh selain bir yang pasti ada (orang Jepang sama Korea minum bir udah kayak minum air putih). Selain orang-orang yang udah hadir di acara pembukaan tadi, ada juga dekan Faculty of Horticulture sebagai host workshop dan beberapa sensei. Pak dekannya ramah banget, saya disamperin dan dibilang, "Kamu bisa makan ikan kan? Ada sayuran, buah dan kue-kue yang bisa kamu makan juga, saya tau kamu muslim, kami sengaja memisahkan makanannya," ih terharu loh disamperin langsung gitu. Dari situ kami ngobrol lumayan lama dan ternyata beliau kenal sama Pak Bambang, dosen pembimbing saya sekarang di IPB, yang ngirim saya untuk program ini. Terus yang bikin surprise adalah salah satu senseinya pake baju batik! Langsung saya samperin dan tanya-tanya. Eh ga taunya "I bought this in a department store in Jakarta, with Nizar san," katanya. Yaelaah Pak Nizar mah pembimbing aye pas S1 pak, haha. 

makanannya banyak tapi yang bisa saya makan dikit :(
Setelah kenyang makan dan capek ngobrol, saya sama beberapa teman memutuskan untuk pamit pulang duluan, karena besok program masih dilanjutkan dengan field trip ke beberapa tempat di Yokohama. Kami jalan kaki ke stasiun Matsudo, tapi pas setengah jalan ternyata kami lupa arah ke stasiun, ahahaha. Salah satu cewek Swedia yang kamarnya di lantai 3 lalu inisiatif untuk nanya arah ke ibu-ibu di lampu merah. Si ibu, ngga cuma nunjukin arah, tapi memimpin jalan ke stasiun sambil ngoceh bahasa Jepang. Jalannya sama kayak ngomongnya, ngebut. Padahal kami ngga ada yang ngerti beliau ngomong apa. Sampe stasiun, si ibu belum mau ngebiarin kami pergi, tapi berusaha ngejelasin rute kereta yang harus kami ambil untuk sampai ke Inage, stasiun tujuan kami. Beliau sampe manggil ibu lainnya yang jauh lebih muda dan bisa bahasa Inggris. Yee jadi ngga enak bu, hehe. Tapi dari situ saya belajar bahwa kebanyakan orang Jepang baik banget sama turis, terutama yang keliatan asing kayak kami. 

Masih bersambung ke part-part selanjutnya..

1 comment:

  1. Ciee.. bimbingannya Pak Nizar dan Pak Bambang.. :P Jadi inget ca pas gw ke Hokkaido Utara, saking berhari-hari ga makan ayam, trus lupa pas ditawarin ayam, "this is okay for you, this is chicken." Gw keburu makan dan baru ngeh kalo itu ga pake basmallah :O.

    Iya bener, mayoritas orang Jepang ramah sama foreigners, sebisa mungkin mereka bantuin. Mereka bangsa yang ramah juga ternyata :D

    ReplyDelete