Sunday, September 7, 2014

Japan Summer Trip #2 : Tokyo with Roommate

Pagi pertama saya di dormi, saya kebangun jam 5. Bukan karena azan, tapi karena kaget liat langit udah terang di luar. Kebetulan saya tidur menghadap jendela, dan lampu kamar dimatiin, jadi berasa banget kalo ada cahaya sedikit aja. Saya langsung kelimpungan, bingung harus bangun jam berapa untuk solat subuh. Untungnya di hari awal-awal di sana saya lagi ngga solat, jadi bisa ancang-ancang dulu latihan bangun pagi buta.
Ini langit jam 5 pagi di Inage, Chiba
Sesuai rencana malam sebelumnya, hari Selasa tanggal 19 Agustus itu saya sama Mink jalan-jalan ke Ueno, Tokyo. Kami berangkat jam 7 pagi ke stasiun Inage lalu Mink ngajarin saya beli Suica card di mesin otomatis. Takjub gitu liat uang saya ditelen mesin trus keluar kartu plus kembaliannya, haha udik. Kami minta peta jaringan JR (Japan Railway) versi English ke kantor informasi sebagai panduan perjalanan. Jaringan kereta di Jepang ini bukan main kompleksnya, banyak jalur/line yang lewat stasiun yang sama. Beda banget sama jaringan kereta Jabodetabek *yakali Cha. Untuk ngapalin rute Inage-Matsudo campus aja saya butuh 3 hari sampe bener-bener hapal. Tapi overall sistem kereta apinya oke banget, luar biasa informatif dan kalo nyasar tinggal tanya petugas stasiun yang akan membantu dengan sangat senang hati, walopun ga bisa bahasa Inggris. Sayangnya ongkos kereta di Jepang mahal banget, haha.
Selfie dulu sama Mink di stasiun Inage. Dari warna muka aja udah jomplang
Untuk ke Ueno, kami naik Sobu Line (jalur kuning) ke Akihabara lalu nyambung ke Ueno (lupa line apa). Perjalanannya sekitar 1 jam aja. Di kereta saya sambil curi-curi pandang merhatiin penumpang lain. Di Jepang, hampir semua orang kelihatan fashionable, ngga terkecuali nenek-nenek dan kakek-kakeknya. Nenek kakek disana sehat semua, ngga ada yang jalan kepayahan. Mungkin karena sejak muda mereka terbiasa jalan kaki jauuh banget, dan cepet banget pula. Malah saya yang kalah, jalan sedikit capek. Terlalu dimanja sama angkot dan ojek di Indo mungkin.

Sampai di Ueno, kami langsung keliling area. Sempat mau masuk beberapa museum, tapi ternyata bayarnya mahal-mahal. Sambil jalan kami melihat beberapa street artist yang mempertunjukkan kebolehannya. Yang nonton banyak juga, sambil berdiri dan bergumam "sugoii" alias bagus. Lalu kami memutuskan masuk Ueno Zoo, kebun binatang yang terkenal banget itu. Harga tiket masuknya 600yen, lumayan mahal kalo dirupiahin. Oiya selama di Jepang saya berusaha keras ngga mengkonversi harga-harga ke rupiah, karena pasti bakal nyesek banget, muahal. Maklum kurs rupiah sekarang lagi cenderung turun, dan kalo tiap mau makan saya rupiahin yang ada malah ngga jadi makan.

Street artist mamerin lukisan yang udah jadi. Roknya kayak songket deh
Keren-keren lukisannya, bikinnya cuma 5 menitan
Yang ini seniman manga. Objeknya sambil diajak ngobrol
Di Ueno Zoo, yang jadi primadonanya adalah panda cina. Pas banget kami masuk, si panda lagi mau dikasih makan. Jadilah kami nonton panda makan dulu sebelum berkeliling area kebun binatang. Ueno Zoo ini ternyata luasannya kecil, 2 jam jalan kaki aja bisa liat semuanya. Saya jadi ingat Taman Safari, yang jauh lebih luas dan lebih 'rimba'. Jelas lebih menarik Taman Safari. Kelebihan Ueno Zoo? Pemeliharaannya lebih baik kayaknya. Dan luasannya pas untuk adik-adik sekolahan untuk bisa dikelilingi jalan kaki tanpa pingsan. Coba kalo jalan kaki di Taman Safari. Sebelum pingsan kecapean udah keburu diterkam singa.
Topiary bentuk gorila sama rakun
Tiketnya unyu dan gambarnya macem-macem
Kita poto dulu ya Pandaa
Pandanya laper..
Ujug-ujug ada paviliun Thailand gitu
Gajah Asia
Kasian beruang kutubnya kepanasan :(
Keluarga anjing laut lagi berjemur
Sekitar jam 12 siang, kami udah kelaperan. Ami, temen saya yang lagi ambil kuliah 6 bulan di Chiba pas malem sebelumnya bilang untuk cari makan siang di Ameyokocho, jalan kecil dekat Ueno Park. Disana bisa cari makanan halal atau suvenir. Jadi kami keluar dari Ueno Zoo dan menuju Ameyokocho. Jalan sempit ini ramai luar biasa sama berbagai kios dan toko, termasuk makanan khas Asia. Benar aja, setiap nemu kedai kebab, mas yang jual langsung ngomong bahasa Indonesia, "halal, ayam, daging, enak" hahaha muka saya keciri melayu banget sih, ato si mas liat kerudung saya dan yakin saya lagi cari makanan halal yang di Tokyo agak langka. Saya akhirnya beli kebab isi ayam, 500yen dengan porsi luar biasa gede. Senangnya lagi adalah karena pas beli kebab saya bisa denger sapaan "Assalamualaikum", adem banget.

Si kebab yang saya beli ngga langsung dimakan karena Mink masih cari-cari tempat makan. Dia pengen makan mi Jepang gitu, dan menurut buku panduan wisata yang dia punya, ada satu tempat makan di deket situ, tapi udah di luar Ameyokocho. Setelah kami ikutin peta dan nemu lokasinya, restonya tutup. Dan ketika kami keliling daerah situ, ternyata itu daerah night club gitu. Serem juga walaupun lewat situ siang-siang. Akhirnya saya minta izin duduk buat makan karena rasanya udah mau pingsan (Mink khawatir liat muka saya pucat). Selain kelaperan, saya kayaknya dehidrasi juga karena Jepang lagi panas luar biasa, dan kami udah jalan dari pagi. Sepagian sampe siang itu aja saya udah minum 4 botol air ukuran 500ml (dan sama sekali ngga ke toilet), ngisi ulang botol setiap nemu keran air minum. Untungnya di area publik kayak Ueno Park, keran air minum tersebar dimana-mana.

Setelah saya selesai makan, kami jalan ke sisi lain taman. Alhamdulillah nemu kombini (convenient store) dimana Mink bisa beli soba dingin. Setelah seger dikit kena AC kombini, kami lanjut keliling lagi. Kali ini ke Tokyo National Museum, tiket masuk (lagi-lagi) 600yen. Museum ini keren banget, berupa kompleks museum yang terdiri dari beberapa bangunan. Gaya bangunannya beda-beda, ada yang tradisional Jepang, gaya Eropa klasik, sampe modern minimalis. Benda yang dipajang di tiap bangunan pun beda, ada temanya masing-masing. Kami masuk ke bangunan utama yang beraksen Jepang, Honkan. Koleksinya hampir setipe sama yang di Museum Nasional Jakarta (Museum Gajah), yaitu peninggalan Jepang dari masa ke masa. Tapi keliling satu bangunan ini aja rasanya capek, gedungnya luas banget. Satu ruangan yang saya suka banget adalah ruang edukasi. Ada satu meja penuh kartu pos polos dan macam-macam stempel bermotif. Rupanya bukan saya aja yang tertarik, karena meja tersebut penuh pengunjung. Ada juga meja yang memajang proses pembuatan gelas, dilengkapi spesimen gelas di tiap tahap. Setelah capek keliling kami jalan-jalan di luar gedung dan nemu satu bangunan bergaya modern minimalis di bagian belakang kompleks museum. Lucu banget, ada bangunan modern di sela-sela pohon-pohon besar yang Jepang banget. Lebih lucu lagi karena ternyata dalemnya berisi benda-benda pusaka, kontras banget lah kulit sama isinya. Namanya Gallery of Horyuji Treasures. Tapi karena udah sore dan kami terlalu capek, kami cuma masuk sebentar lalu keluar lagi, jalan menuju stasiun untuk pulang ke dormi.
Honkan, bangunan utama Tokyo National Museum
Baju zirah samurai
Pada serius milih stempel
Karya saya, cupu tapi prosesnya menyenangkan
Hyokeikan yang bergaya klasik
Ada apa di balik pohon?
Ternyata bangunannya modern pisan
Setibanya di dormi, K ternyata udah sampe. Kami lalu ngobrol sambil makan malem bareng. Saya ngeluarin rendang kering bekel dari Indonesia, Mink ngeluarin pasta cabe dari Korea, dan K ngeluarin semacam enting-enting kacang mete dari hometownnya di Palawan, Filipina. Semuanya enaak. Setelah kenyang, kami istirahat karena besoknya adalah hari pertama program dimulai.