Sunday, January 15, 2012

Java - Bali Trip : Bali Day 2

Masih cerita tentang liburan di Bali. Berikut tempat-tempat tujuan di hari kedua.

Pura Taman Ayun
Kawasan pura di kabupaten Badung ini dulunya dibangun keluarga raja Mengwi untuk memuja roh leluhur. Sempat rusak karena perang (tahun 1890) dan gempa bumi (tahun 1917) tapi sudah direnovasi dan sekarang sedang diusahakan bisa menjadi warisan dunia. Di sini pengunjung tidak diperbolehkan memasuki pura yang merupakan tempat suci untuk beribadah, tapi disediakan jalan setapak mengitari pagar yang mengelilingi pura sehingga bagian dalam kompleks pura masih bisa dinikmati oleh umum. Lanskap luarnya juga bagus dan terpelihara dengan baik.











Bedugul
Jalan menuju Bedugul mirip jalan ke daerah Puncak, Bogor, hanya saja lebih sempit, ekstrem dan berliku. Tapi pemandangannya juga ngga kalah indah, kalau tidak bisa dibilang lebih bagus. Area ini termasuk kampung muslim, jadi ngga sulit menemukan makanan halal dan masjid. Dan yang jualan di sekitar sini, banyak juga ibu-ibu berkerudung :) Objek wisata utama di Bedugul adalah Pura Ulun Danu dan Kebun Raya Eka Karya.

Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul
Pura ini berada di tepi Danau Bratan, hampir di puncak pegunungan. Kalau tidak salah pura ini dibangun sebagai tempat pemujaan kepada Dewi Danu, yang menguasai air, sungai dan danau. Pura ini, bersama Tanah Lot merupakan dua dari beberapa spot paling banyak difoto di Bali dan paling banyak muncul dalam foto-foto kalender :p






Kebun Raya Eka Karya
Merupakan salah satu dari empat kebun raya pertama di Indonesia, dan saat ini adalah yang terluas (walaupun mungkin lebih banyak area wilderness-nya). Kalau ngga salah ingat penjelasan dosen saya, kebun raya Bali ini menyimpan koleksi tanaman dataran tinggi iklim kering.






Tanah Lot
Saya ngga punya penjelasan buat objek yang ini. Agak menyesal karena ngga bisa dapet foto bagus pura yang di atas batunya, saking ramainya orang disana (maklum liburan).






Sekian! Thanks for reading! :D

No comments:

Post a Comment