Wednesday, July 9, 2014

Pejuang Visa #2 : Kedubes

Setelah semua persiapan selesai, saya berangkat ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Lokasinya di Jalan MH Thamrin, deket banget sama Bundaran Hotel Indonesia iconnya Jakarta metropolitan. Saya berangkat Kamis 3 Juli 2014 pagi jam 7 dari rumah. Perkiraan saya sampe sana 2,5 jam (angkot ke stasiun 15 menit, kereta Bogor-Kota 1,5 jam, busway 45 menit udah plus nunggu bisnya). Tapi ternyata hari itu kereta agak lambat karena harus ngantri pas masuk Manggarai, jadi saya baru mendarat di stasiun kota sekitar jam 10. Saya langsung jalan ke shelter busway di seberang stasiun lewat jalan bawah tanah (apeu). Setelah menunggu lumayan lama, akhirnya dateng juga si busway koridor 1 jurusan Kota-Blok M. Pertanyaan : kenapa ngga naek metromini aja? Jawab : karena lagi puasa, saya maunya yang adem dan ngga bikin emosi (alibi).

Setelah duduk manis di busway, saya inget-inget lagi rupa Kedubes Jepang. Ngga banyak yang tau, saya punya story sama tempat tersebut *plak. Hehe. Dulu waktu kelas 2 atau 3 SMA, saya dan beberapa teman sempat ke sana untuk menyerahkan berkas pendaftaran beasiswa Monbukagakusho, walaupun ngga lolos. Ya tapi minimal saya tau lokasinya dan bentuk bangunannya. Nah setelah tanya-tanya temen, saya disuruh turun di shelter HI yang paling deket dengan si Kedubes. Eh ternyata pas lewat, shelter HI-nya lagi direnovasi doong *nangis. Jadi saya terpaksa turun di shelter setelahnya, Tosari (yang lumayan jauh). Berhubung lagi puasa dan ngejar waktu (aplikasi visa di Kedubes Jepang hanya sampe jam 12 sementara saat itu udah jam 11 kurang), akhirnya saya memutuskan naik taksi. Pas naik taksi deket banget ternyata, haha. Bahkan argo pun blum berubah dari angka minimal, 7 ribu. Pas sampe di Kedubes Jepang saya kasih supirnya 10 ribu, bilang makasih sambil akting buru-buru, lalu langsung nyamperin satpam di depan pintu.

Untuk masuk ke Kedubes Jepang, ngga bisa sembarangan. Kita bakal ditanya satpam di luar, keperluannya apa. Lalu satpam di dalem bakal unlock pintu nomor 1 (becanda, pintunya ngga ada tulisan nomornya) sampe bisa kita buka. Kalo satpam di dalem ngga bukain, si pintu baja yang luar biasa tebel dan berat itu ngga bakal kebuka. Kayaknya anti peluru juga tu pintu. Di belakang pintu nomor 1 ada loket. Di situ kita harus naro kartu identitas untuk ditukar nomor (bukan nomor antrian, belum). Lalu jalan sedikit ketemu pintu putar. Bukan juga, kita bukan masuk ke pintu muter-muter itu. Kita masuk pintu di kanan yang ada tulisannya entrance (anggap ini pintu nomor 2). Di situ ada alat pemeriksaan kayak yang ada di bandara. Tas kita dimasukin ke roda berjalan dan kita jalan ngelewatin pintu. Pas tas saya keluar, satpamnya nanya "Bawa gunting ya mbak?" saya cuma nyengir sambil ngeluarin gunting dan cutter dari tempat pensil. "Nanti diambil di loket depan ya," kata pak satpam. Habis itu kita masuk pintu baja nomor 3 yang pake unlock otomatis juga. Jalan ke kiri, lewat pintu kaca (pintu nomor 4). Sampe di bagian dalam kedubes. Abis itu saya bingung, trus naik tangga yang ada di seberang pintu kaca. Lah kok cuma ada perpustakaan (sebelah kiri) sama aula (kanan). Seinget saya, pas kesini dulu lantai 2 isinya loket-loket gitu. Lalu saya berusaha nyari orang yang bisa ditanya. Sayangnya lantai 2 waktu itu sepi banget, saya sampe ngintip ke perpus dan ke toilet, tapi ngga ada orang. Akhirnya saya turun lagi dan nemu pintu kaca bertulisan 'pelayanan visa' di sebelah kiri pintu nomor 4 tadi. Oalaah...

Saya pun masuk pintu nomor 5 tersebut. Meen 5 pintu harus dilewati sebelum nemu loket yang dituju, haha. Pengamanan Kedubes Jepang nggak main-main ya, ketat banget kalo mau masuk. Kedubes lainnya saya belum pernah masuk sih, jadi ngga bisa bikin komparasi. Di dalam ruangan untuk ngurus visa ada 5 loket, loket 1 untuk travel agent yang mau ngurus visa kliennya, 2 dan 3 untuk visa perorangan, 4 dan 5 untuk surat-surat warga negara Jepang (kayaknya sih, soalnya tulisannya Jepang semua dan yang ke situ orang Jepang). Suasana sepi, cuma ada beberapa orang aja yang lagi nunggu. Saya ambil nomor di mesin sebelah kiri (ada tulisannya 'visa') dan duduk di kursi tunggu sambil nonton NHK bahasa Inggris yang ditayangin di TV. Kursinya empuk dan nyaman, mirip tempat nunggu di bank. Setelah nunggu sekitar 10 menit nomor saya muncul di atas loket. Saya kasihin sebundel dokumen persyaratan yang udah diurutin (bisa dicek di web Kedubes Jepang ato post saya sebelumnya di sini), trus dicek sama mas-mas di loket. Si mas ngasih tau kalo ada yang kurang ato ngembaliin dokumen yang ngga perlu. Abis itu saya dikasih tanda terima dan dia bilang "Nanti cek hari selasa ya, 4 hari kerja". Udah. Di dalam ngurusnya cepet banget, sementara perjalanan ke sana sekitar 3 jam. Haha. Ya udah saya cepet-cepet pulang setelah melewati pintu nomor 5, pintu nomor 4, pintu putar, ke loket depan untuk ambil KTP dan 'senjata tajam' yang dititipin tadi, dan ke luar pintu nomor 1 menuju udara bebas (lebay). Pulangnya saya naik busway lagi, tapi kali ini saya jalan ke shelter Sarinah yang agak lebih deket.

Senin malam, saya gugling untuk ngecek jam pengambilan visa (padahal di tanda terima ada jamnya, 13.30-15.00). Eh malah nyasar ke blog yang nyeritain perjuangannya ngurus visa tapi akhirnya ditolak. Huaaa langsung ketar-ketir lah saya mikirin besok visa saya gimanaa hiks. Saya sampe watsap beberapa teman saya, tapi mereka bilang, "Tenang aja, kalo pelajar pasti di approve. Kan dokumen dari kampus sana lengkap, dan kampus kita sendiri kredibilitasnya udah diakui," Saya jadi agak tenang. Yang bikin khawatir sebenernya karena saldo rekening saya cuma 10 juta, sementara saya bakal di sana 2 minggu. Saya juga minta doain Mamah biar lancar sebelum berangkat besok siangnya.

Saya berangkat dengan jalur yang sama, kecuali kali ini saya turun di shelter Sarinah, bukan Tosari yang jauh itu. Saya sampe sekitar jam 2 dan langsung ambil antrian (kali ini gunting sama cutter ngga saya bawa, haha). Beda dengan waktu aplikasi, suasana di jam pengambilan visa ini rame. Di sebelah kiri ruangan ada serombongan orang dari travel yang masing-masing nerima segepok paspor bervisa. Saya mulai deg-degan lagi takut visa saya ditolak. Hiks. Banyak-banyak dzikir lah sambil nunggu. Setelah sekitar 30 menit nunggu, nomor saya akhirnya dipanggil. Mbak di loketnya senyum ramah, saya jadi agak tenang. Lalu saya kasih tanda terima sama nomor antrian saya. Si mbak loket nyari di laci sebelah kirinya dan ngeluarin paspor saya. Alhamdulillah, approved! Visa Jepang udah tertempel rapi di dalam paspor. Sambil senyam senyum saya ngeluarin uang untuk bayar. "320 ribu rupiah, atas nama mbak rina ya," kata mbaknya. Setelah bayar dan ngucapin makasih, saya duduk lagi sambil liatin visa di paspor saya. Visa ini berlaku untuk kunjungan maksimal 15 hari, dan valid selama 3 bulan sejak tanggal dikeluarkan, jadi harus diperkirakan bener-bener tanggal aplikasinya. Amannya sih buat visa sekitar 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Alhamdulillah, berhasil juga dapet visa. Semoga tahap setelah ini lancar dan saya bisa bener-bener menginjakkan kaki di Jepang bulan depan, Insya Allah. Aamiin..

Sekian perjuangan saya memperoleh visa Jepang. Semoga bermanfaat, dan terima kasih sudah membaca ^^


3 comments:

  1. Gile, komplit bener informasinya. Tapi bagus si buat yang belom pernah macem gw.haha
    Ganbatte kudasai...!!!*ikutan revi

    ReplyDelete
  2. selamat berjumpa dan selamat datang ke jepang

    ReplyDelete